Monday 30 April 2012

punya blog mau dapat duit?


Cara Mendapatkan Uang Melalui Blog:Pengalaman Saya


Setelah Google Adsense untuk blog berbahasa Indonesia diumumkan maka cara mendapatkan uang melalui blog berbahasa Indonesia semakin terbuka lebar.

Sejak membangun blog dengan domain berbayar saya mulai tertarik memanfaatkan blog untuk mendapatkan uang. Blog yang semula hanya semata-mata untuk menyalurkan hobi menulis ataujust for fun kini mulai berubah menjadi blogging for fun and profit. Walaupun uang yang saya peroleh belum berlimpah namun sesungguhnya telah memberikan harapan bahwa dari blogpun saya bisa menghasilkan tambahan uang saku. Oleh karena itu saya kini sedang asyik-asyiknya belajar dan berlatih dengan sungguh-sungguh tentang cara mendapatkan uang melalui blog. Membaca berbagai buku yang berkaitan dengan monetize blog saya lakukan disela-sela ngeblog.
Kegiatan yang saya lakukan untuk mendapatkan uang melalui blog memang masih belum begitu banyak. Beberapa kegiatan monetize blog yang telah menghasilkan adalah sebagai berikut:
1. Menulis review tentang produk dan jasa melalui blogsvertise.com  dan review.me. Untuk blogsvertise.com review memang harus menggunakan bahasa Inggris sedangkan untuk review.me diijinkan menulis review dengan menggunakan bahasa Indonesia. Selain itu juga melayani permintaan dari sahabat untuk menulis review blog atau produk yang dijual oleh mereka.
2. Mengikuti program afiliasi di amazon.com. Kegiatan menulis review atas produk yang dijual di amazon.com ini juga telah menghasilkan uang walaupun belum begitu banyak
3. Menjual text link melalui backlinks.com. Kegiatan ini masih baru saya laksanakan dan sudah menerima penghasilan perdana, lumayan untuk biaya membeli domain baru atau memperpanjang domain.
4. Mengikuti program pay per click (PPC) antara lain program dari Google Adsense, Chitika dan beberapa situs Indonesia. Hingga saat ini baru program dari Google Adsense yang telah menyumbangkan uang saku.
5. Menulis artikel untuk diikutkan dalam kontes. Kegiatan ini selain telah menghasilkan uang juga menghasilkan barang yang merupakan hadiah dari penyelenggara kontes.
.
Kedepan saya akan terus berusaha agar blog yang saya kelola semakin baik kualitasnya.Untuk itu berbagai kegiatan untuk mempromosikan blog telah saya lakukan dan akan saya tingkatkan lagi baik promosi online maupun offline. Kegiatan promosi ini sya anggap penting agar posisi blog dalam SERP semakin meningkat. Tak kalah penting adalah menggiatkan belajar SEO sehingga kedepan ilmu tentang SEO bisa lebih baik dan dapat mengaplikasikannya dengan tepat.
Saya menyadari bahwa blog bukan sebagai alat untuk mendapatkan uang semata tetapi juga harus memberikan manfaat bagi pengunjung yang ingin mendapatkan informasi.

Cara mendapatkan uang melalui blog sesungguhnya sangat banyak namun perlu kesabaran, kerja keras dan doa.

No comments:

Post a Comment