Saturday 20 October 2012

Mudah Menghitung Perkalian 6 sampai 10 dengan Menggunakan JARI TANGAN

Salam Belajar,
nah ini buat adik - adik kelas rendah Sekolah Dasar yang mau jadi juara kelas untuk Matematika kakak admin mau bagi2 TIPS lagi neh (coba kalo bagi2 uang kak...!!!) haha.. ngarep yee..
langsung aja ke Tee... Kaaa.. Peee... kata Parto Dalang OVJ! hehe
nah sekarang seumpama ada soal dari bu guru Matematka Yang cantik :
Hitunglah Hasil perkalian dari :
1. 8 x 7 = ...?
2. 6 x 9 = ...?
3. 9 x 8 = ...?
udah cukup tiga aja contohnya ya, nanti kalo kebanyakan namanya bukan TIPS lagi tapi daftar perkalian duuooonkkk.. hehe..
 sekarang perhatikan gambar tangan di bawah ini !
itu Asli gambar tanga kakak loh, sudah dicuci bersih dan steril.. hehe


nah kita langsung aja ke pembahasan soal nomer 1 ya..

perhatikan gambar tangan di bawah ini

Jari yang dilipat itu menunjukan angka delapan, kalo angka 7 berarti yang dilipat hanya ibu jari dan telunjuk saja, jika angka 6 berarti yang dilipat hanya ibu jari saja.
Bagaimana? sampai sini ada yang perlu ditanyakan? (ternyata tidak ada yang bertanya, berarti muridnya pintar semua) heukekek..


coba perhatikan gambar yang kedua!
nah pada gambar ini jelas sekali menunjukkan angka 7 ya...
karena yang dilipat hanya ibu jari dgn telunjuk saja.
langsung ke soal lagi, 8 x 7 = ....?
pada gbr angka 8 jari yang dilipat berjumlah 3
dan pada gbr angka 7 jari yang dilipat berjumlah 2
jari yang dilipat itu nanti kita jumlahkan dan kita jadikan puluhan pada hasil perkalian nanti,
jumlah 3 + 2 = 5, berarti hasil perkalian dari 8 x 7 pasti tempat puluhannya adalah angka 50, karna angka 5 tinggal kita tambah 0(nol) dibelakangnya. gimana masih bingung? oke kita lanjut dah, trus pada gbr angka 8 jari yang berdiri atau tdk dilipat berjumlah 2, dan pada gbr  angka 7 jari yg berdiri berjumlah 3, nah sekarang kalikan jari yang berdiri pada gbr angka 8 dan jari yang berdiri pada angka 7, pd gbr angka 8 jari yang berdiri yaitu 2 buah di kalikan jari yang berdiri pada gbr angka 7 yaitu 3 buah, jadinya nanti 2 x 3 = 6, nah hasil angka 6 ini akan kita jadikan satuan dan kita pasangkan dgn hasil penjumlahan jari yang dilipat tadi, tadi hasilnya adalah 50 kita pasangkan dengan 6, jadi hasil perkalian dari 8 x 7 adalah 50 + 6 = 56 bagaimana mudah bukan?
nah untuk soal nomer 1 sudah selesai kita kerjakan dengan mudah ya.. tanpa kita harus menghapal perkalian sampai 100 juga pasti kita bisa.
untuk sementara postingannya cukup sekian dulu ya, karna kakak sudah ngantuk, sudah pukul 1 dini hari kakak mau tidur dulu besok pagi kakak akan lanjut kembali untuk mengerjakan soal yang ke 2
terimakasih bagi yang kurang jelas silahkan kasih komen ya dan saran atau usulan..


salam blogger

No comments:

Post a Comment